Resep dan Cara Memasak Ikan Pari Goreng Gurih Tanpa Bau


Assalamualaikum..

Wah gak terasa lama banget gak ngeblog, sejak melahirkan baby Navid rasanya waktu berlari dengan cepat. Dan salah satu resolusi tahun 2017 ini semoga bisa aktif ngeblog lagi pastinya dengan konten yang lebih baik. Dan ini pertama kalinya aku nulis resep. Jadi beberapa waktu lalu mas suami beliin ikan pari segar 1Kg. Dulu sudah pernah sih makan ikan pari pas di Semarang, ikan pari asap biasanya dimasak mangut dengan kuah santan yang sedap seger pedas. Dan kali ini untuk pertama kalinya liat ikan pari segar, Bentuknya bulat seperti piring dengan ekor yang sudah terpotong karena ekor ikan pari ini memiliki racun yang berbahaya jika mengenai manusia.

Awalnya sempet ga tega masaknya karena keingetan ikan ini lucu dan imut banget di film Finding Nemo dan Finding Dory :-)
 Sumber: munafsiq.blogspot.com

Karena udah waktunya makan malam  jadi tak goreng saja. Sebelum digoreng, cuci ikan lalu kukus sekitar 5 menit agar tidak bau. Alasi dandang/pengukus dengan daun pisang agar ikan tidak lengket di panci pengukus karena kulit ikan pari ini berlemak (tidak bersisik mirip kulitnya ikan pari dan ikan patin). Setelah itu angkat dan gulingkan di bumbu yang telah dihaluskan.

 
Bahan dan bumbu:
  • 1 Kg ikan pari segar 
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk (bisa pakai ketumbar utuh)
  • Minyak goreng secukupnya
Cara memasak
  • Potong ikan pari sesuai selera.
  • Haluskan jahe, kunyit, garam dan ketumbar lalu balurkan pada daging ikan pari.
  • Panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan hingga matang.
  • Siap disajikan.
Meski bumbunya sederhana tapi rasanya bikin selera makan bertambah. Anak-anak suka karena tidak ada duri kecil seperti yang biasa ditemui di daging ikan pada umumnya. Bisa dibilang semua bisa dimakan, bahkan organ dalamnya bisa dimakan bahkan tulangnyapun lunak dan renyah. Cocok banget disajikan dengan nasi hangat, sambal dan lalapan. Selain itu ikan ini punya banyak gizi seperti protein, asam lemak, vitamin D, Omega 3, fosfor, kalsium, magnesium, iodin, zat besi dan potassium. Jadi pas banget bila dimasukan dalam salah satu menu keluarga.
Karena gizinya yang banyak, ikan ini bagus untuk dikonsumsi seluruh keluarga dari ibu hamil, bahkan anak-anak karena mendukung pertumbuhan otot dan sel saraf pada anak, menunjang pertumbuhan gigi dan meningkatkan kecerdasan pada anak.
Bahkan, menurut majalahikan dot com, ikan pari ini bagus untuk kesehatan, ikan ini berkhasiat mencegah tubuh kekurangan darah, mampu menyembuhkan penyakit sesak napas dan cocok untuk penderita penyakit hipertensi karena bisa melancarkan sirkulasi darah.
Subhanallah.. tidak sekedar makan, tidak sekedar kenyang, tapi juga ikhtiar menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang halal dan bergizi.

Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 KEHAMILAN, 3 PENGALAMAN MENAKJUBKAN

MENIKMATI EKSOTISME JEPARA DI PANTAI BANDENGAN DAN PULAU PANJANG