Mari Peduli dan Berbagi Rezeki Bersama PMI

Seperti ayahnya, kedua anak saya, Isya dan Himda bergolongan darah O.Menurut berbagai referensi, golongan darah O cenderung memiliki jiwa pemimpin dan lebih suka makanan yang berbahan dasar hewani (daging/ikan) berbeda dengan golongan darah A seperti saya yang cenderung suka buah/sayur.
Begitu pentingkah mengetahui golongan darah?
Bagi saya sangat penting, terutama jika anggota keluarga kita mengalami sakit dan membutuhkan tranfusi darah. Si sulung Isya pun baru diketahui golongan darahnya karena harus menjalani operasi di usia 1,5 tahun.
Saya sendiri mengetahui golongan darah saat PMI mengadakan kegiatan di sekolah sama dengan suami yang mengetahui golongan darah saat mengikuti program donor darah di kampus yang diadakan oleh PMI.

Siapa yang tak mengenal PMI ?
PMI (Palang Merah Indonesia) adalah salah satu Perhimpunan sosial kemanusiaan, sejak tahun 1945. PMI memiliki perwakilan di setiap kota/kabupaten yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan misalnya menangani masalah transfusi darah dan masalah penanggulangan bencana.

Untuk melakukan berbagai program kemanusiaan, PMI menghimpun dana kemanusiaan dari masyarakat. Di Indonesia, PMI DKI Jakarta merupakan tertinggi diantara PMI di provinsi lainnya. Hal ini membuktikan, bahwa begitu tingginya kepedulian masyarakat DKI Jakarta terhadap masalah kemanusiaan. 

Dana kemanusiaan ini disalurkan untuk membiayai penanggulangan bencana di berbagai daerah. PMI turut serta secara aktif diantaranya konflik vertikal telah berlangsung di Aceh sejak Januari 2000, konflik horizontal di Poso Sulawesi Tengah pada 23 Mei 2000 dan kerusuhan hebat di Maluku Utara pada 17 Mei 2001. Di Aceh PMI bekerjasama dengan ICRC secara intensif melakukan kegiatan evakuasi korban luka dan mayat, membagikan bantuan pangan, pelayanan kesehatan darurat serta penyampaian berita keluarga. Sedangkan untuk Poso, PMI berkoordinasi dengan ICRC menyalurkan bantuan 4000 paket keluarga diikuti bantuan dari RCTI berupa tikar, sarung, handuk, jerigen, sabun mandi, sabun cuci dan pakaian yang diperuntukkan kepada 2000 orang. Sedang untuk konflik yang terjadi di Maluku Utara, kembali PMI bekerjasama dengan ICRC menyalurkan 5.655 paket bantuan keluarga kepada korban disamping pelayanan kesehatan di Tobelo dan Galela. Bantuan tambahan sebanyak 4500 paket dan 2000 unit peralatan sekolah dan seragam dari Kedutaan Besar Jepang. Di samping itu bantuan satu unit kendaraan juga telah dikirim ke Ternate dari Jakarta untuk membantu operasional teknis lapangan. 

 Pengobatan gratis masyarakat yang terkena bencana asap
(Sumber: http://pmidkijakarta.or.id)

Dalam darurat bencana asap di Palembang bulan November lalu, PMI DKI Jakarta juga berperan serta dengan memberangkatkan tim Tim Operasi Tanggap Darurat Bencana Asap dan mengadakan pengobatan gratis bagi masyarakat yang terkena bencana asap dari kebakaran hutan.

PMR mengikuti Ujian Kecakapan PMR yang diadakan PMI DKI Jakarta 
(Sumber. http://pmidkijakarta.or.id)

PMI DKI Jakarta juga turut berperan serta dalam pembinaan generasi muda dengan bekerja sama dengan sekolah-sekolah melalui kegiatan PMR (Palang Merah Remaja). Pada 29 November 2015 lalu, PMI mengadakan Ujian Tanda Kecakapan PMR. Materi yang diberikan dalam kegiatan ini antara lain Donor Darah, Kesehatan dan Kebersihan (KESAN), Kesehatan Remaja (KESJA), serta Ayo Siaga Bencana (ASB). Diharapkan dengan mengikuti ujian ini anak PMR mampu menjalin persahabatan antar sekolah se DKI Jakarta, selain itu ilmu yang didapat dapat diaplikasikan pada dunia yang nyata. 

Selain itu PMI DKI Jakarta juga terjun langsung membantu warga yang terkena korban banjir dengan mengevakuasi warga ke tempat yang aman, membantu warga di daerah yang kekeringan dan mengadakan bakti sosial di berbagai daerah. Dan untuk mendukung kegiatan kemanusiaan ini PMI juga memiliki sejumlah mobil unit darah, ambulance, dan lain sebagainya. Dengan begitu banyaknya musibah, bencana dan kesusahan yang dialami saudara-saudara kita di Indonesia, dan begitu banyaknya kegiatan kemanusiaan yang berusaha dilakukan untuk mengatasi/menanggulangi musibah tersebut, kita sebagai masyarakat bisa turut serta baik secara langsung sebagai relawan maupun tidak langsung melalui sumbangan yang kita donasikan ke PMI. Sumbangan tersebut akan diperuntukkan untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana maupun untuk melakukan kegiatan sosial kemanusiaan. Bukan dari seberapa besar/kecil nilai yang kita berikan, namun keikhlasan untuk turut serta dalam kebaikan karena manusia yang baik adalah yang memberi manfaat bagi sesama. 

 
Ayo peduli bantu sesama  melalui PMI karena seberapapun nilainya akan sangat berarti bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Oleh karena itulah PMI mengadakan program Bulan Dana PMI  untuk menghimpun dana dari masyarakat dan untuk masyarakat. Kita bisa menyisihkan sedikit rezeki yang diberikan Allah untuk saudara kita melalui: 
  • Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin Nomo Rekening : 206-38-1794-5 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya Nomor Rekening : 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda Nomor Rekening : 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jkarta.
Hidup akan lebih indah jika kita saling menolong dan membantu terutama jika dalam kesulitan. Hidup akan sangat berharga jika kita saling menghormati dan menghargai. Hidup juga sangat berarti dengan saling memberi karena berbagi tak pernah rugi, apalagi di setiap rezeki yang kita terima ada hak-hak saudara-saudara kita yang membutuhkan. 





Yuk ikut berdonasi di Bulan Dana PMI (Dok.pribadi)

Ayo peduli bantu sesama dan salurkan bantuanmu melalui Bulan Dana PMI. Mari peduli dan berbagi rezeki melalui PMI. Karena kita semua adalah saudara. Saudara setanah air Indonesia.
http://citizen6.liputan6.com/read/2356908/yuk-ikut-lomba-blog-bulan-dana-pmi-berhadiah-total-rp-15-juta




 

Komentar

  1. wah..smngt membantu sesama memang penting mak..saya dlu pernah mau donor tp ditolak karena zaman muda saya kurus banget,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp gak bisa donor mba, kan bisa membantu via rekening di atas :)

      Hapus
  2. Semoga menang ya lomanya, amin. Kunjugan baliknya di amir-silangit.blogspot.com/2015/12/inilah-alasan-mengapa-orang-sakit-di.html terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin trimakasih..insyaallah nanti sy kunjung balik

      Hapus
  3. senangnya ya mbak jika hidup diisi dengan tulus berbagi termasuk melalui PMI :) semoga sukses pula lombanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, terimakasih. sukses juga utk mba dwi :)

      Hapus
  4. Ternyata PMI gak hanya donor darah ya.. Perlu juga donor dana :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, yang ga bisa donor darah bisa donor dana

      Hapus
  5. Aq gak pernah donor darah karena tensiku rendah, tapi masih bisa membantu lewat dana kan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy juga belum pernah mba, yg ga bisa donor darah bisa donor dana :)

      Hapus
  6. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,SAYA IBU SUKMAWATI Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    2M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan AKI_SAKTI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 1 MINGGU
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi AKI_SAKTI
    kata BELIAU pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 7Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 7M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi AKI_SAKTI DI NOMOR 085_242_421_477
    agar di berikan arahan. jika ingin seperti saya coba hubungi AKI_SAKTI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 KEHAMILAN, 3 PENGALAMAN MENAKJUBKAN

MENIKMATI EKSOTISME JEPARA DI PANTAI BANDENGAN DAN PULAU PANJANG