ASUS X550ZE: NOTEBOOK DENGAN HARGA TERJANGKAU DAN PERFORMA MEMUKAU

Rasanya baru kemarin saat suami memberi saya "hadiah" sebuah laptop ASUS X401U untuk menemani aktivitas sehari-hari selain mengurus rumah tangga. Saya bisa blogging dan berjualan online dengan komputer sendiri tanpa merecoki suami. Karena sebelumnya kami gantian memakai satu komputer. Setelah suami kerja, gantian saya yang pakai hingga si laptop rusak dan pas pameran komputer suami membeli sepasang komputer ASUS X401U untuk saya dan ASUS Eee PC Flare Series untuk suami. Dan kini Top 2 produsen notebook konsumen dunia dan penghasil motherboard terbaik di dunia ini kembali meluncurkan ASUS X550ZE. ASUS memang sangat produktif meluncurkan produk-produk IT terbaru, mulai dari notebook, tablet, PC desktop, server, perangkat jaringan, dan smartphone. 

 
Kehadiran laptop memang penting bagi kami, laptop selalu ada di tas suami menemani aktivitas kerjanya seharian. Selain itu sebagai tenaga pengajar, beliau juga sering menyimpan data-data penting untuk aktivitasnya tersebut. Saya sendiri menggunakan laptop untuk menulis, blogging dan mengelola usaha online selain laptop juga digunakan untuk menyimpan dokumentasi tumbuh kembang anak-anak. Sayang kan, kalo masa kecil mereka tidak terdokumentasikan baik lewat foto maupun video. Selain itu, mengelola usaha online juga membuat saya perlu laptop dengan kapasitas yang cukup untuk menyimpan foto-foto produk yang umumnya punya resolusi tinggi. Jadi perlu banget nih laptop dengan banyak kelebihan tapi harganya juga nyaman dan aman di kantong. Sebagai penggemar Asus, kami jadi makin penasaran dengan kehadiran Asus X550ZE yang belum lama dilaunching ini.

ASUS X550ZE: NOTEBOOK DENGAN HARGA TERJANGKAU DAN PERFORMA TINGGI
Asus X550ZE
Sumber: Asus Indonesia

Apa yang menjadi pertimbangan saat membeli komputer? Tentu harga yang sesuai budget tapi dengan kualitas yang bagus. Umumnya orang memang pengen yang harganya terjangkau tapi kualitasnya bagus, ya kan? 

Dilihat dari penampilannya, ASUS X550ZE memiliki  desain dan tampilan bodi yang  terbilang cantik dan sangat elegan. X550ZE menggunakan bodi berbahan plastik yang dirancang cukup apik sehingga seolah-olah mampu menampilkan kesan material berbahan logam.

Asus X550ZE
Sumber: Asus Indonesia

Disamping itu, notebook ini juga dirancang dengan sangat bergaya dengan desain cover ber-finishing spin-line. Desain cover tersebut jika diperhatikan secara detail memiliki tekstur bulat (melingkar). Dimulai dari bulatan kecil di bagian tengah cover, kemudian terus menerus membesar hingga ke pinggiran bodi laptop hingga menyelimuti semua bagiannnya sehingga mengesankan unsur premium secara tampilan.

Desain ini membuat ASUS X550ZE tampak fokus untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan laptop berperforma memukau, dengan tampilan yang elegan untuk mencukupi kebutuhan komputasi di segala lini. Jadi cocok untuk pekerjaan di rumah maupun di kantor, mulai web browsing hingga mengakses konten multimedia. 

Fitur yang paling saya suka adalah  fitur Instant On yang memungkinkan notebook untuk secara otomatis menyimpan data-data ketika laptop telah berada dalam masa kritis atau low battery. Jadi saat di jalan, belum sempat atau tidak bawa charger, kita tidak perlu khawatir, data-data gak akan hilang dengan adanya fitur ini. Nantinya, file akan secara langsung tersimpan manakala indikator baterai telah menunjukan angka di bawah 5 persen. Selain itu ASUS X550ZE punya sound speaker  yang dilengkapi dengan teknologi SonicMaster. Berbekal kemampuan itu, suara yang dikeluarkan oleh speaker X550ZE sangat jernih, kuat, padat dan tidak pecah. Sistem audio wizard yang terdiri dari enam mode setelan, yakni music mode, recording mode, movie mode, gaming mode, speech mode dan mode off, juga turut andil membuat laptop ini mampu mengeluarkan dentuman suara yang memikat telinga. Sambil kerja enaknya dengerin musik, dan musik makin jernih suaranya dengan sistem ini.

 Sistem Audio Wizard pada Asus X550ZE
Sumber: Asus Indonesia

Saya sering menggunakan laptop dalam jangka waktu lama, kadang laptop masih menyala, menunggu respon konsumen sambil ditinggal nyuci, atau upload foto produk sambil nyuapin anak sehingga sering khawatir laptop panas. Untunglah ASUS X550ZE sudah mengantisipasinya dengan menyematkan teknologi IceCool. IceCool membuat area palm rest (tempat menempatkan telapak tangan dibawah papan keyboard) tetap memiliki suhu yang normal  meski laptop digunakan dalam waktu yang lama.

IceCool Technology juga memang sengaja dirancang untuk mengatasi permasalahan panas yang timbul dan berdampak pada area palm rest. Teknologi tersebut dibuat dengan cara menata ulang letak mesin-mesin  yang bekerja di dalam notebook agar tak menimbulkan kondisi panas berlebih. IceCool akan bekerja  dengan cara menjaga suhu notebook antara 28 hingga 35 derajat celcius, lebih rendah dari suhu tubuh normal manusia yang mencapai 36 derajat. Artinya,  itu akan membuat kita akan tetap nyaman saat mengoperasikan perangkat.

Lalu, bagaimana dengan touchpad dan keyboardnya? Tentu kita perlu touchpad dan keyboard yang oke buat mengetik. 
 Touchpad dan keyboardnya elegan dan nyaman
Sumber: Asus Indonesia 
 
Fitur smart gesture ditanamkan pada wilayah ini, sehingga kita akan lebih mudah mengoperasikan atau memberikan perintah kepada notebook  saat sedang dijalankan. Contohnya jika ingin melakukan scroll ke bawah, kita dapat memakai dua jari lalu menyeretnya ke arah bawah. Hal yang sama berlaku saat hendak ingin melihat bagian atas. 

Fitur Smart gesture yang memudahkan kita bekerja
Sumber: Asus Indonesia
Smart gesture dengan mode tiga jari juga dapat dilakukan ketika kita ingin berpindah dari satu halaman ke halaman berikutnya, dengan menggesernya ke kiri dan kanan. Sedangkan jika tiga jari digeser ke atas dan bawah, maka kita akan dibawa ke tampilan desktop. Demikian juga dengan papan ketik alias keyboard, wilayah ini pun tak luput dari perhatian. Papan keyboard memiliki desain yang ergonomis, dengan layout yang lebih baik. Ketika dipergunakan untuk mengetik pun tekanan tombol terasa lebih akurat dan juga presisi mengenai tiap tuts pada keyboard.Praktis banget kan.

Ini yang juga tak kalah penting, port dan konektivitas untuk membuat kita terhubung dengan piranti lain. Biasanya kami menyimpan dokumen foto atau video dalam ponsel lalu memindahkannya ke laptop. Dan asiknya ASUS X550ZE dilengkapi dengan port konektivitas yang cukup lengkap. Di bagian kiri, kita bisa temukan lubang exhauts, analog VGA port, HDMI port, RJ45 Network port dengan model spoiled, 2 buah USB 3.0 port dan Combo Audio port. Adapun di sisi kanan hanya terdapat Optical Disk Drive (ODD) area dan sebuah tambahan USB 2.0 port dan juga port charger.
Fitur transfer berbasis USB 3.0 memiliki kecepatan penyalur data lebih cepat 10 kali lipat dari USB 2.0. Artinya kini kita dapat menyimpan atau membagi data-data seperti foto, film, dokumen maupun aplikasi berukuran besar dalam waktu yang relatif singkat. Bahkan ketika ingin men-transfer film berukuran 25GB dengan kualitas Blu-ray, hanya dibutuhkan waktu 70 detik saja dengan menggunakan  USB 3.0 ini. Artinya laptop ini nyimpen data gak pake lama, bener-bener efisien waktu.

 

 Port dan konektivitas pada Asus X550ZE
                                                             Sumber: Asus Indonesia

Sementara untuk indikator pada bagian depan, terdapat beberapa LED berwarna hijau antara lain untuk  power indicator, battery indicator, HDD activity, Wireless, Num-lock dan Caps lock indicator. Semua fitur itu akan memudahkan kita untuk memantau keadaan laptop. 

Sejumlah Utilitas pada Asus X550ZE
Sumber: Asus Indonesia

Selain untuk blogging dan jualan, notebook juga sering kami gunakan untuk menyimpan foto, liat video, dan melihat film bareng anak-nak sehingga notebook dengan kualitas gambar bagus itu penting banget. Untungnya dalam ASUS X550ZE punya beberapa utilitas antara lain, normal mode, theater mode, vivid mode dan manual mode.  

  • Normal mode, pengaturan pada mode ini sangat cocok untuk digunakan untuk keperluan bekerja sehari-hari dengan notebook, antara lain mengedit dokumen serta melihat gambar. Melalui setting ini, notebook akan secara cerdas mengatur warna gamut untuk mengoptimalkan tampilan visual yang nyaman dipandang.
  • Theater mode akan  membuat tampilan (kecerahan) warna pada layar lebih akurat, sehingga sangat cocok untuk dibawa menyaksikan konten film. Vivid mode memungkinkan kita untuk mendapatkan warna tampilan visual pada layar LCD lebih hidup dan tajam. Jadi nonton film bakal lebih seru dengan utilitas ini.
  • Manual mode. Sesuai dengan namanya, kita diberikan kebebasan untuk mengatur tingkat kecerahan warna sesuka dan sesuai dengan keinginan hati. 

Trus gimana dengan bagian dalam alias prosesornya? ASUS X550ZE memiliki dukungan prosesor kelas tertinggi dari AMD yakni FX 7600P. Kendati demikian, ASUS juga menawarkan model dengan varian prosesor AMD lain yakni A10.
Sedikit perbedaan pada dua jenis prosesor tersebut. Jika AMD FX mampu mendongkrak performa dengan sokongan 12 compute core yang berasal dari gabungan CPU dan GPU, maka varian AMD A10 hanya dibekali dengan 10 core, yakni 4 berasal dari CPU dan 6 sisanya dimiliki oleh GPU. 
  
 Asus X550ZE didukung prosesor kelas tertinggi dari AMD
Sumber: Asus Indonesia

Prosesor AMD A10 dibangun berbasiskan arsitektur Kaveri dengan kecepatan clock prosesor 2,5 GHz tetapi dapat didongkrak hingga 3,4 GHz saat mode Turbo aktif. Sehingga performa terasa lebih kencang saat menjalankan berbagai aplikasi dan game. Dengan kartu grafis Radeon R7-M265DX yang mendukung Dual Graphic, tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan performa notebook saat menjalankan pekerjaan yang membutuhkan pengolahan grafis yang intensif.

Selain itu, AMD A10 juga memiliki APU powerful dan grafis yang cukup mumpuni sehingga mampu menjalankan berbagai kegiatan seperti sunting foto, video, desain grafis, browsing sembari melakukan tugas lainnya tanpa kesulitan berarti, serta tentu mampu melahap game-game 3D terbaru hingga pengaturan medium.  Buat penggemar gamer, laptop ini bisa menjadi pilihan utama untuk gaming nih.


Asus memberikan bundling game secara gratis untuk pembelian X550ZE 
                                                                       Sumber: Asus

Sedangkan varian berprosesor AMD FX7600P, memiliki kecepatan clock speed lebih tinggi dari versi A10 yakni mulai dari 2,7 GHz hingga mencapai 3,6 GHz saat Turbo Boost dinyalakan. Selain itu, guna memastikan akselerasi terbaik, sektor pengolah grafis turut disematkan fitur GPU Dual Graphic, namun sektor dedicated graphic-nya memiliki performa yang lebih baik dari A10 karena menggunakan AMD Radeon R7-M270DX.

Dengan kualitas prosessor dan grafis yang lebih tinggi dibanding varian sebelumnya, notebook Asus X550ZE dengan AMD APU FX ini terbilang lebih handal dalam berbagai pekerjaan. Bukan cuma soal gaming, namun juga untuk menelan berbagai aplikasi-aplikasi berat seperti desain grafis, programming, desain objek 3D, sunting video, ilustrasi foto dan lain-lain tanpa harus khawatir notebook bakal macet di tengah jalan.

Dan untuk kelancaran multitasking dan ruang gerak antar aplikasi, ASUS membekali seri X550ZE ini dengan RAM 4GB LPDDR3L 1600 MHz. Namun jika kita menginginkan performa untuk mendongkrak laptop ini menjadi lebih oke, maka kapasitas RAM tersebut masih dapat ditambah (upgrade) hingga 16 GB.


Adapun sebagai penyimpanan utama, ASUS menyediakan ruang sebesar 1TB ditambah dengan dukungan ASUS web Storage hingga 32GB gratis selama 3 tahun. Melalui penyimpanan berbasis cloud dari ASUS, kita pun akan dengan mudah mengakses data di manapun dan kapanpun.

Wah, bener-bener lengkap-lengkip ya. Selain itu, yang ga kalah penting notebook ASUS ini juga dilengkapi garansi global selama 2 tahun meliputi biaya service dan juga sparepart. Dibanderol dengan harga Rp7.649.000 / Rp6.949.000 notebook ini memang cocok untuk segala aktivitas, apalagi dengan performanya yang memukau dan harga yang terjangkau, memiliki laptop ini seperti sambil menyelam minum air. Dapat kualitasnya, dapat juga harganya yang nyaman di kantong.


















Komentar

  1. Balasan
    1. Pastinya mba, ini yg terbaru dr asus :)

      Hapus
  2. Aku juga mau Ganti laptop, pengen Asus juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo ganti laptop, Asus X550ZE ini bs jd referensi bagus mba, laptop sy juga Asus :)

      Hapus
  3. Aku udah pake yang varian A10, dan emang powerful..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. pake asus emg g bikin kecewa ya

      Hapus
  4. Keren nih produk...

    Review nya mantab mba. Lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produk asus emg keren y..
      Trimakasih mb :)

      Hapus
  5. Reviewnya lengkap nih... aku juga perlu ganti laptop nih... masih pake ASUS yang umurnya sama kaya' anakku yang sekarang kelas 5 SD hihi... cari gantinya sepertinya ASUS lagi nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, udah perlu ganti yg baru nih mba, ganti ini aja Asus X550 ZE :)

      Hapus
  6. Menarik ulasannya mbak :) jadi pengen punya nih..

    BalasHapus
  7. leptopku juga asus, apa ya serinya aku lupa pokoknya yg bisa ditunyuk2 biar keliatan keren padahal aku gaptek hahaha...btw reviewnya lengkap mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mba, wah samaan ya saya juga pake Asus :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 KEHAMILAN, 3 PENGALAMAN MENAKJUBKAN

MENIKMATI EKSOTISME JEPARA DI PANTAI BANDENGAN DAN PULAU PANJANG