Nama yang Sarat Makna

Ngomong-ngomong tentang nama, saya suka sekali memperhatikan nama-nama teman saya, atau siapapun yang saya kenal. Termasuk saat menerima undangan, atau dapat syukuran dari aqiqah, saya suka memperhatikan namanya. Ada yang namanya unik, ada yang dari bahasa asing, singkatan nama orang tua, atau nama tokoh terkenal. Misalnya, temen sekolah anak saya, namanya Alwi Shihab. Seperti kita tahu, Alwi Shihab adalah saudara dari Bapak Quraish Shihab, an pernah menjadi menteri dalam Kabinet Indonesia bersatu tahun 2004-2005.

Saat saya SD, salah satu teman sekolah memiliki nama Ani. Hanya Ani. Sampai Bu guru meminta orang tua Ani untuk menambah namanya, biar namanya 'tidak cuma' Ani. Saat itu Ani memang belum memiliki Akte, jadi sebelum bikin akte, bu guru menyarankan agar namanya ditambah. Akhirnya namanya ditambah menjadi Triani.  Lain cerita, guru SMU saya pernah bercerita, setelah melahirkan, putranya diberi nama Bagus, singkatan dari nama orang tuanya, Basuki dan Agustina. Lain lagi cerita teman SMP saya, namanya Toni Ika Yuliana, karena melahirkan dibantu dokter Toni pada bulan Juli dan merupakan anak pertama. Saat SMP, saya juga punya adik kelas bernama Bellatrix, seperti nama Ratu Belanda ya, di tahun 90-an, nama-nama asing memang terdengar unik. Beda dengan saat ini, orang tua memiliki banyak referensi sehingga nama-nama anak saat ini lebih kreatif.

Dari sekian banyak nama yang pernah saya dengar, ada beberapa nama yang berkesan. Ada yang dari al-Qur'an, dan nama tokoh terkemuka. Ini dia nama-nama yang berkesan bagi saya.

- Makinun Amin
Makinun Amin adalah nama dari putra, salah seorang teman suami. Orang tuanya adalah penghafal Qur'an. Makinun Amin sendiri diambil dari al-Qur'an surat Yusuf ayat 54 yang jika diterjemahkan adalah sebagai berikut:
"Dan raja berkata,"Bawalah dia (Yusuf) kepadaku, agar aku memilih dia (sebagai orang yang dekat) kepadaku." Ketika dia (raja) telah bercakap-cakap dengan dia, dia (raja) berkata," Sesungguhnya kamu (mulai) hari ini menjadi seseorang yang berkedudukan tinggi di lingkungan kami dan dipercaya."
Makinun Amin memiliki makna seorang yang berkedudukan tinggi dan juga dipercaya. Bagus ya, maknanya.

- Rabiah Adawiyah
Sering mendengar nama ini? Nama ini berkesan sekali karena sering bertemu orang dengan nama ini. Di tempat kerja suami saja, ada 2 dosen dengan nama ini, kami juga punya saudara ipar bernama Rabiah Adawiyah dan biasa dipanggil Mba Biah. Saya juga pernah membaca sebuah buku yang ditulis oleh seorang penulis bernama Rabiah Adawiyah. Kenapa nama ini banyak dipakai? 
Menurut buku Manaqib 50 Wali Agung karya Maftuh Basthul Birri, Sayyidah Rabi'ah al Adawiyah Ra., adalah wali putri yang paling masyhur, ahli ibadah siang dan malam. Sejak kecil sudah terdidik, tekun ibadah dan cerdas. Beliau beribadah atas dasar cinta pada Allah bukan karena takut siksa-Nya. Beliau bermukim di Bashrah (Irak) dan wafat pada 752 M.

- al Qostholani
Tinggal di kampung dengan segala kearifan lokalnya membuat saya terbiasa dengan nama-nama Jawa. Misalnya tetangga sebelah bernama mba Sanis (katanya lahir hari selasa manis), atau bapak-bapak dengan nama berawalan 'su' misalnya Subagyo, Sutrisno, dll, dan berawalan 'tu' misalnya tukiman, tugino, dll. Saat ada tetangga pendatang bernama Pak Kostolani, saya langsung merasa, ini namanya unik, tidak biasa. Saat SD, saya sering membeli martabak manis yang dijual Pak Kosto. Selain berjualan, Pak Kosto juga bekerja serabutan, menjadi tukang pijit, bersih-bersih, atau apapun. Dan nama Pak Kostolani, mengingatkan saya pada nama seorang ulama penulis kitab Irsyadus Sari Ila Syarhi Shohih Bukhori. Kitab ini ditulis oleh Al-Allamah Syihabuddin Ahmad bin Muhammad Al-Khothib Al-Qostholani, tercatat pula ulama ahli sejarah bernama Al muarrikh Al Alim Al Imam Qostolani ( Mawahibul Ladunniyah). Mungkin orang tua Pak Kosto terinspirasi dari nama ulama-ulama ini.

 

Itulah beberapa nama yang berkesan bagi saya. Untuk nama anak sendiri, kami memilih Ahmad Aisya Nurul Musthofa ( 5 tahun) dan Aliyah Himda Habibah (3 tahun). Ahmad sendiri bermakna terpuji dan mulia, Aisya bermakna memiliki penghidupan/kehidupan mulia, dan Nurul Musthofa adalah salah satu julukan Nabi Muhammad SAW yang bermakna cahaya pilihan. Dengan kata lain, semoga Ahmad Aisya Nurul Musthofa menjadi hamba Allah yang terpilih yang berakhlak terpuji memiliki kehidupan dan penghidupan yang mulia, dan menjadi cahaya bagi sekelilingnya. Nurul juga salah satu Asmaul Husna yaitu 'Yaa Nuur' (Allah Yang Memiliki Cahaya)
Aliyah Himda Habibah, nama putri kedua kami. Namanya sekaligus doa semoga ia menjadi perempuan yang memiliki kedudukan tinggi, berakhlak terpuji dan dicintai Allah dan makhlukNya. Aliyah juga merupakan salah satu Asmaul Husna yaitu 'Yaa Aliy' (Allah Yag Maha Tinggi)
 



Hadiah pertama dari GA, baju cantik untuk Baby Himda


3 tahun yang lalu saya juga mengikuti GA mba Armita tentang nama bayi.  Saat itu tulisan saya berjudul nama dalam doa dan asa menjadi salah satu pemenang. Dan itu pertama kali saya ikutan GA, jadi berkesan banget, hadiahnya baju bayi untuk Himda. Hadiah pertama dari ngeblog. Dan saat ini saya dan suami tengah menantikan kehadiran buah hati ketiga yang kemungkinan lahir bulan Desember atau Januari. Untuk nama bayi kami belum menyiapkannya. Insyaallah, kalau laki-laki akan berawalan Ahmad dan berakhiran Musthofa. Kalau perempuan, kita masih mencari referensi. Insyaallah, nama bayi ketiga kami juga mengandung doa, seperti nama kedua kakaknya. Mohon doanya ya teman. Semoga nanti persalinannya sehat, selamat dan kehadirannya membawa kebaikan untuk semuanya. Amin.



Komentar

  1. Hihii pingin senyum pas baca nama cuma ani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe..iya mb, ani temen SD sekaligus tetangga :)

      Hapus
  2. ingatannya mantap mbak...dari tmn sd-smp-sma masih hafal sampek sekarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg temen SD masih tetangga mba, yg Smp masih sekota. Kebetulan masih ingat namanya krn unik :)

      Hapus
  3. Punya Memori kuat yah mak ...
    sejarah membekas. Salam kenal
    :)

    BalasHapus
  4. Salam kenal jg mb wa saripah, terima kasih :)

    BalasHapus
  5. Semoga anak yg ketiga ini nanti lahir sehat selamat sempurna ya Mba. Thanks sudah ikutan GA nya lagi :)

    BalasHapus
  6. arti dari namanya bagus2 namun sayang jaman sekarang bila anak diberi nama seperti itu malah dianggap kurang modern

    obat mujarab penyakit asam urat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 KEHAMILAN, 3 PENGALAMAN MENAKJUBKAN

MENIKMATI EKSOTISME JEPARA DI PANTAI BANDENGAN DAN PULAU PANJANG