Tas Tenun Cantik di Shopius

Kurang lebih 6 tahun yang lalu, saya dan suami sempat mengunjungi daerah penghasil tenun di Jepara, kota kelahiran suami saya ini memang memiliki kain tenun khas Jepara, kain tenun Troso dan kebetulan salah satu pengrajinnya adalah teman sekolah suami. Kami diajak melihat proses pembuatan kain tenun yang masih dibuat secara tradisional, setelah jadi, kain-kain tenun ini dikirim ke berbagai daerah di Indonesia bahkan sampai luar negeri. Sayangnya pengrajin ini hanya memproduksi kain. Ya, masih berupa kain. Belum diolah menjadi barang jadi. 

Kain tenun ini merupakan warisan budaya Indonesia yang memiliki nilai seni tinggi. Masing-masing daerah di Indonesia pada umumnya memiliki motif yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Seperti batik, kain tenun juga perlu dilestarikan dan diperkenalkan pada dunia sebagai hasil karya Indonesia yang dibuat dengan hati dan kesungguhan (handmade). Pelestarian ini dimulai dari diri sendiri dengan cinta produk dalam negeri. Bahkan Cristian Dior menggunakan kain tenun asli Indonesia sebagai bahan bakunya. Brand internasional Gucci ternyata juga menggunakan kain tenun asli Indonesia sebagai bahan bakunya. Tenun Indonesia telah dipercaya oleh pasar internasional. Tenun Indonesia dianggap sangat berharga karena handmade (buatan tangan). Itulah yang membuat brand internasional seperti Gucci mau bekerjasama dengan pengrajin tenun di Indonesia. Namun yang sangat disayangkan justru antusiasme pasar domestik sendiri terhadap tenun tradisional masih rendah. Dahulu batik pun demikian. Namun sekarang, produksi batik telah berkembang sangat pesat. Dan kini 2 rumah mode internasional, Gucci dan Christian Dior telah menggunakan tenun Indonesia untuk digunakan dalam produk mereka. 

Tenun merupakan hasil karya berupa kain yang dibuat dengan benang dan dimasukkan ke dalam pakan pada alat yang disebut lungsin. Dan tenun masih terbagi lagi menjadi songket, yang merupakan tenun dengan benang emas atau perak, kemudian ada ikat, dobel ikat, dan pakan. Tentunya kita bangga melihat kain-kain asli Indonesia yang maha kaya dalam hal craftsmanship ini tampil di runway designer international mulai dari Milan, Paris, dan kini London. Dalam fashion week Spring tahun 2010, Frida Gianini dari rumah mode Gucci mengeluarkan koleksi cocktail dengan tema Tribal yang menggunakan Ikat (kain tenun dan motif tenun khas Indonesia terutama Sumbawa). Burberry pun mengeluarkan koleksi Spring untuk tahun 2012 yang juga menggunakan Ikat yang menawan. Dipadu dengan fabrics yang nyaman, membuat Burberry tampil sangat khas. kain Tenun Sumba akan segera diresmikan sebagai salah satu world’s intangible heritage oleh UNESCO, dalam sidang umum UNESCO yang akan berlangsung bulan November 2013.

Kita perlu berbangga, desainer dan pengrajin Indonesia sangat terampil menyulap tenun menjadi produk cantik. Tas tenun ini misalnya. Saya pengin banget punya tas tenun boti ini. Tas cantik ini bisa difungsikan sebagai sling bag maupun hand bag. Motifnya yang unik membuat kita jadi tambah pede karena bisa dipakai disegala suasana. Tas ini sendiri dibuat dari tenun boti dan genuine cow leather (kulit sapi asli)
 



Untuk perawatan, Tas dengan bahan kain tenun ini perlakuannya hampir sama dengan kain batik yaitu dicuci perlahan dengan tangan dengan menggunakan sabun lerak agar warnanya tetap cerah. Dan untuk mendapatkannya, mudah saja. Kita bisa menghubungi pembelinya di Shopious, mall online yang merupakan tempat berkumpulnya online shop terpercaya (trusted seller). Semacam yellow pages untuk online shopping. Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pembeli, hanya onlineshop yang terpercaya yang bisa berjualan disini. 
Shopious sendiri tidak memegang stok barang, untuk membeli atau mau jadi reseller kita bisa menghubungi pembeli melalui kontak yang tersedia. Jika memiliki toko online di instagram, kita juga dapat berjualan di Shopious. Penjual di Instagram tidak perlu repot-repot lagi untuk mengupload foto jualan mereka di Shopious, karena di Shopious semuanya dilakukan secara otomatis. Tidak perlu repot!. Biar lebih jelas yuk liat videonya dulu :)




Gimana, praktis kan belanja di Shopious?
Balik lagi ke tenun, ada banyak banget produk tenun  dalam berbagai kreasi pakaian, tas, aksesoris dan lain-lain. Banyak juga pilihan fashion untuk wanita, pria, anak dan bayi, gadget aksesoris, sepatu, perlengkapan muslim wanita hingga koleksi fashion rumah dan hadiah ada disini. Dengan produk yang bagus dan onlineshop yang terpercaya alangkah sangat baik jika didukung dengan website yang baik dan mudah diakses. Saat browsing di Shopious kadangkala masih terjadi gangguan, gambar yang tidak bisa dibuka dan loadingnya agak lama. Untungnya Shopious punya customer service yang tanggap dan respek pada customer. Dengan perbaikan terus menerus dan peningkatan kualitas semoga ke depannya Shopious lebih mudah diakses dan produknya lebih banyak dan bervariasi ya..:)
Jika Gucci dan Christian Dior saja memilih tenun untuk produk Indonesia kenapa kita tidak, yuk segera kunjungi Shopious dan temukan aneka produk tenun dan produk berkualitas lainnya disini.


Sumber Referensi:
http://forum.kompas.com/merah-putih-membanggakan/39917-mpm-prestasi-membanggakan-indonesia-di-mata-dunia.html
http://www.dewimagazine.com/fashion news/gebrakan.pelestarian.kain.tenun.indonesia.oleh.cita.tenun.indonesia/001/001/511
http://www.angsadua.com/2013/01/cara-merawat-tas-batik-dan-tas-tenun.html

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 KEHAMILAN, 3 PENGALAMAN MENAKJUBKAN

MENIKMATI EKSOTISME JEPARA DI PANTAI BANDENGAN DAN PULAU PANJANG