Berbagi Harapan dan Cinta Pada Anak Indonesia





Sekitar 3 tahun yang lalu, sulung saya menjalani operasi pada usia 1 tahun. Yah, meski termasuk "operasi ringan" tapi yang namanya operasi tetaplah membuat kami, orang tuanya juga keluarga kami merasa cemas. Usia bayi sudah harus opname dan berpuasa 6 jam sebelum operasi. Mengingatnya saja membuat dada saya sesak, haru dan penuh syukur, alhamdulillah kami bisa melewatinya. Isya tumbuh sehat hingga kini di usianya 4 tahun. Merasakan suasana dan aroma rumah sakit membuat saya membayangkan asiknya sebuah rumah sakit yang dilengkapi ruang bermain. Setidaknya ini bisa menjadi penghibur anak di kala sakit dan menjalani hari-hari sembari menelan obat pahit.


Badut karakter yang menjadi ciri khas restona cepat saji Mc Donald ini akan menghibur anak-anak di rumah sakit ataupun Posyandu melalui Ronald Mc Donald House Charities. Secara global, Ronald McDonald House Charities adalah organisasi non-profit yang mempunyai misi untuk menciptakan, menemukan dan mendukung program-program yang secara langsung meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak di seluruh dunia. 

RMHC di masing- masing negara dapat menjalankan program tambahan yang tepat bagi peningkatan kesejahteraan anak-anak di negara tersebut dan berupaya memberikan dampak langsung dan positif terhadap kehidupan anak-anak melalui RMHC di 57 negara dengan tiga program utama:
dengan perayaan 20 tahun McDonald's Indonesia dan merupakan bagian dari inisiatif global Ronald McDonald House Charities didirikanlah Yayasan Ronald McDonald House Charities Indonesia Melalui dua program inti yang sudah ada di Indonesia  yaitu Ronald McDonald Care Mobile, dan Ronald McDonald Family Room. Yayasan Ronald McDonald House Charities Indonesia menjalankan misinya untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak Indonesia. 


Dengan 3 program utamanya  Ronald McDonald House Charities (RMHC) sebagai organisasi non profit sudah terjun langsung di beberapa kota dan rumah sakit. Mengembalikan keceriaan anak-anak yang tengah menderita sakit dan terjun langsung melalui klinik berjalan. Program RMHC ini antara lain:

Ronald McDonald Care Mobile 
Yayasan Ronald McDonald House Charities bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan dan Dinas Kesehatan di masing-masing Propinsi (DKI Jakarta dan Jawa Barat) untuk program Ronald McDonald Care Mobile yaitu sebuah klinik berjalan yang rutin melakukan pemberian imunisasi wajib serta pelayanan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan bagi anak-anak yang membutuhkan .
Selain itu, aktivitas lainnya dalam Ronald McDonald Care Mobile berupa penyuluhan kesehatan dasar melalui cerita anak serta pemantauan dan konsultasi gizi.


Ronald McDonald Family Room
Ronald McDonald Family Room adalah sebuah ruang  khusus bagi keluarga dari pasien anak rawat inap yang menjadi bagian dari sebuah Rumah Sakit . Di salah satu pojok Ronald McDonald Family Room tersedia tempat bermain anak  dilengkapi  dengan buku-buku, alat permainan dan personal computer  sementara bagi orang tua pasien ruangan ini dapat berfungsi sebagai ruang tunggu untuk sedikit menghilangkan kejenuhan. 
Yayasan RMHC percaya bahwa kebersamaan dan kehangatan keluarga dapat membantu meringankan beban psikologis para orang tua serta bagian dari proses penyembuhan bagi sang pasien  anak-anak. 

Membayangkan tiga gadis kecil bernama putri, zahra dan natalie yang dipertemukan di Family Room. Ketiganya adalah pasien kanker darah atau leukimia dan harus menjalani kemoterapi rutin. Ya, di usia dini Tuhan memberi mereka cobaan berupa penyakit. Dan kita disini, memberikan mereka senyum semangat, bantuan untuk bisa menghadapi penyakit, menghadapi kehidupan untuk tetap tegar agar mereka bisa mengisi hidup seperti anak-anak lain yang sehat di luar sana. Di Family Room, Putri, Zahra dan Natalie dipertemukan dengan banyak sahabat dan bersama-sama bermain, belajar, membuat aneka kreasi, mengisi hari dengan berbagai keseruan dan keceriaan.



Saat ini sedang dibangun rumah singgah yang berlokasi di Jl. Kana Lestari, Lebak Bulus, Jakarta Selatan dan akan beroperasi di akhir tahun 2014. Rumah singgah ini diperuntukkan bagi pasien anak dengan penyakit kritis dan keluarganya yang sedang menjalani pengobatan di RSUP Fatmawati. Di rumah singgah ini, pasien anak dan keluarga bisa tetap bersama dan merasakan kehangatan keluarga seperti di rumah sendiri.

Sepanjang 2011 dan 2012, Ronald McDonald Care Mobile bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat, puskesmas serta ibu-ibu kader posyandu berhasil mengimunisasi sekitar 17.000 bayi dan lebih dari 3.000 anak diperiksa kesehatannya.
Di 2013, YRMHC ingin lebih memperluas daerah cakupan bantuannya dengan menambah 1 unit Ronald McDonald Care Mobile untuk melayani anak-anak dan balita di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Sementara Ronald McDonald Family Room yang saat ini baru berada di Departemen Radioterapi RSCM, sudah mulai dikenal dan dikunjungi oleh pasien anak rawat inap berserta orang tuanya dengan frekuensi kunjungan 10 anak per harinya. Semoga kedepannya RMDC bisa meluaskan jangkauannya sehingga bisa membuka family room di rumah sakit yang lainnya. Karena seperti kita tahu, banyak sekali anak-anak yang yang menderita sakit di rumah sakit yang membutuhkan Family Room agar bisa ceria dan bersemangat serta optimis menghadapi sakit yang diderita.

Nah, untuk kita yang ingin ikut serta membantu yuk berperan serta dalam kampaye "stripes for love". Kampanye yang diluncurkan pada 12 September 2014 ini merupakan kampanye sosial global yang diadakan oleh RMHC dan didukung oleh McDonald's di seluruh dunia
Meskipun bertujuan sama untuk kesejahteraan dan kesehatan anak-anak di seluruh dunia, serta memiliki kesamaan tema, yaitu “Stripes”, yang diinspirasi dari garis merah dan putih ciri khas Ronald McDonald, namun setiap negara dapat melakukan kampanye dengan cara sendiri. Di Indonesia, tema yang dipilih adalah “Stripes for Love”. 

Di Indonesia, kampanye "Stripes for Love" didasari oleh filosofi Kampanye “Stripes for Love” di Indonesia didasari oleh filosofi bahwa anak-anak yang sedang sakit sering kali kehilangan masa kecilnya karena berada di rumah sakit cukup lama. Meskipun garis kehidupan mereka berlanjut dengan pengobatan, namun ada bagian dari hidup mereka yang perlu dilengkapi. “Karena itu, YRMHC berupaya untuk melengkapi bagian itu dengan cinta. Karena pada saat kita memberi Cinta (Love), Kebahagiaan (Joy) akan hadir dalam hidup mereka. Harapan (Hope) akan tumbuh dan Senyum (Smile) akan kembali menghiasi wajah mereka.
Berbagai program dilakukan untuk mendukung kampanye ini. Yang pertama adalah T-Shirt “Stripes for Love”. T-Shirt ini didisain menggunakan pola garis merah “Stripes for Love” dengan 4 alternatif tulisan: Love, Joy, Hope dan Smile, masing-masing dalam 2 warna: merah dan putih. T-Shirt seharga Rp 50,000 (belum termasuk pajak) ini sudah mulai tersedia pada 12 September 2014 di seluruh restoran McDonald’s. Konsumen yang datang ke restoran McDonald’s mana pun dengan menggunakan T-Shirt ini pada tanggal 15 Oktober 2014 akan mendapatkan Strawberry Sundae gratis dengan pembelian Paket Hemat yang mana saja.

Selain T-Shirt, juga ada “Love Bear”, yaitu boneka Teddy Bear berwarna putih yang dapat dihias atau digambar. “Love Bear” ini dijual seharga Rp 68.182 berikut spidol berwarna merah yang menyertainya. Diharapkan konsumen yang sudah membeli akan mengajak putra-putrinya menghias “Love Bear” dan mengembalikannya, karena seluruh boneka yang sudah dihias akan diberikan kepada pasien anak-anak di Family Room dan Ronald McDonald House untuk memberi semangat kepada teman mereka yang sedang sakit. Tidak seperti T-Shirt “Stripes for Love”, “Love Bear” hanya tersedia di restoran McDonald’s Artha Gading, Sarinah dan Kemang mulai tanggal 22 September hingga 10 Oktober 2014.

Seluruh hasil penjualan T-Shirt dan Love Bear ini akan disumbangkan kepada YRMHC untuk melaksanakan program-programnya dan membantu lebih banyak anak yang sakit. 
Atau kita bisa juga lho menyalurkan bantuan tunai yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan anak-anak Indonesia.
Bentuk kepedulian  tunai dapat di transfer ke rekening :
Yayasan Ronald McDonald House Charities
Bank BCA 
No Rek : 03.53163.300 

Bank OCBC
No.Rek  : 5458.0000.9445
Bagi pengunjung setia restoran McDonald, disediakan juga box Donasi RMHC di setiap restoran McDonald's Indonesia. Sambil menikmati lezatnya menu di McDonald sambil beramal untuk anak-anak Indonesia. Dengan box donasi ini, kita juga bisa mengajarkan anak-anak kita pentingnya berbagi untuk sesama. Sehingga makin banyak anak-anak Indonesia bisa ceria di tengah sakitnya seperti Kadek, Putri, Zahra, Natalie dan anak-anak yang bisa menikmati cerianya bermain di RMHC. Mari berbagi, berbagi senyum, berbagi harapan, berbagi keceriaan untuk anak-anak Indonesia.



Komentar

  1. wow desain foto visinya bagus mak.. good luck ya

    BalasHapus
  2. program RMHC harus kita dukung ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu mba ninik, bisa dg mengirim donasi, menjadi relawan, membeli t-shirt/boneka, atau yg paling simple dg memberi dukungan di stripes for love ^_^

      Hapus
  3. Keren banget emang program McD ini.

    BalasHapus
  4. 2 hari lalu sy juga barusan nengok anak2 yg kelainan hati. Nggak tega mlh mewek sendiri :(

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 KEHAMILAN, 3 PENGALAMAN MENAKJUBKAN

MENIKMATI EKSOTISME JEPARA DI PANTAI BANDENGAN DAN PULAU PANJANG