Asyiknya Jalan-jalan ke Wonosobo Fair Tahun 2014

  

Tadi pagi Isya dan Himda habis jalan-jalan ke Wonosobo Fair, bertiga ajah karena abi kerja. Biasanya sih Isya dan Himda jalan-jalan ke Perpusda, pinjem buku dan main ayunan di sana, tadi pas tau ada event Wonosobo Fair langsung deh kepingin dateng, apalagi Isya dan Himda kan belum pernah liat pameran. Yuuk mari kita lihat ada apa aja sih disana?

Sebenernya aku belum tahu persis tempatnya tapi begitu angkot ngelewatin Gedung Korpri, langsung lihat ada tulisan gede "WONOSOBO FAIR 2014" juga bendera dan spanduk sponsor disekitar gedung, langsung deh kita tahu disini pamerannya. Tepatnya di Gedung Korpri Jalan Sindoro No. 5. Begitu masuk, terlihat panggung yang di muka gedung. Karena masih pagi, panggungnya masih pagi,menurut informasi hari ini ada musikalisasi puisi dan ada band juga..tapi dengan 2 balita gak mungkin kan pergi malem-malem, apalagi kalo sore kadang hujan, jadilah kita jalan-jalan pagi mumpung anak-anak masih bugar dan serunya lagi, di Wonosobo Fair 2014 lagi ada anak-anak sekolah yang datang, jadi rame deh...:D
Lha emang mereka lagi ngerubutin apa tuh? Isya dan anak-anak sekolah itu lagi liat kerajinan kupu-kupu. Ada yang berupa hiasan dinding, bros, juga souvenir bertema kupu-kupu. Itu kupu-kupu beneran? Enggak, Kupu-kupu cantik ini dibuat dari daun makanya namanya Godhong Handycraft, kreatif ya, dari daun yang tampak sederhana dan biasa bisa menjadi karya seni yang indah dan bernilai jual...:)



Yuuk kita masuk, etapi kok ada yang duduk serius di depan gedung. Lagi ngapain mbak, mas? Ternyata eh ternyata mereka lagi ikut lomba poster. Memang selain pameran, ada banyak event menarik di Wonosobo Fair ini, selain lomba poster tadi, ada musikalisasi puisi, lomba foto spontan, rancang batik, fashion show, dan ada blog contestnya juga lho...:)


Karena kami datang pagi, suasananya belum begitu ramai jadi Isya dan Himda bisa puas lihat-lihat pameran. Jadi, Wonosobo Fair 2014 ini adalah event tahunan yang diadakan di Wonosobo. Tahun ini, Wonosobo Fair 2014 mengambil tema " Gelar Ekonomi Kreatif dan Potensi UMKM Wonosobo". Dari temanya, kita bisa menyimpulkan pesertanya adalah pelaku industri kreatif dan UMKM di Wonosobo seperti Godhong Handycraft tadi.


Setelah melalui pintu masuk kita akan bertemu stand PKBM Cemerlang ini, menyediakan minuman Carica yang menjadi ciri khas oleh-oleh Wonosobo, di stand ini juga ada jilbab sulam pita, bahkan disediakan juga bahan-bahannya beserta tutorial untuk kita buat sendiri di rumah. Tertarik mencoba?


Dari stand PKBM Cemerlang ini, kita ke sebelah kiri dulu. ada stand dari kecamatan Kertek, karena masih pagi jadi masih sepi. Meski sepi, kita bisa masuk untuk melihat lebih detail apa saja produk-produk unggulan yang ditawarkan kecamatan Kertek ini.


Selain diikuti oleh kecamatan-kecamatan yang ada di Wonosobo, pameran ini juga diikuti oleh swasta, pelaku industri kreatif, Dekranasda, Dinas koperasi dan UMKM Kab. Wonosobo, dan juga Setda Wonosobo. 


Wonosobo Fair 2014 memiliki 4 tujuan strategis. Pertama, WF 2014 digelar untuk menjadi sarana promosi dan apresiasi produk, prestasi dan kreativitas para penggiat UKM, hingga pelaku seni di Kabupaten Wonosobo. Kedua, melalui WF2014, diharapkan akan tercipta inovasi dan kreativitas masyarakat untuk memajukan perekonomian rakyat. Dua tujuan lain, adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat, atas perkembangan UMKM di Kabupaten Wonosobo, serta untuk mendorong terciptanya  iklim investasi daerah.

Pada umumnya, produk-produk yang ditawarkan setiap stand sama, misalnya dalam bidang kuliner, rata-rata semua stand menyediakan Carica baik dalam bentuk maupun dalam bentuk minuman kemasan, produk olahan jamur, opak dan aneka snack kering yang rata-rata home industry. Selain itu, sebagai daerah yang diapit pegunungan Dieng, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, Wonosobo dianugerahi Tuhan alam yang subur sehingga sangat cocok sebagai media tanam berbagai sayuran yang juga ditampilkan dalam pameran kali ini.

Selain itu tanaman unik seperti ubi kayu raksasa  juga ikut pameran, juga setandan pisang ini. 


 Hello kitty dan keropi juga ada lho :)

Plastiknya jangan dibuang ya, bisa disulap jadi tas cantik seperti ini.

Kalo hujan bisa pake payung ini gak ya :D

Ada miniatur rumah kurcaci

Selain makanan, kerajinan dan tanaman, di pameran ini juga ada produk unggulan berupa pembuatan tralis, ayunan dan sejenisnya. Lelah keliling gedung, kita bisa membeli cemilan di sebelah kiri gedung, yang menyediakan aneka sosis, nugget, juga minuman segar.

Jika di depan ada mbak-mbak dan mas-mas yang sedang mengikuti lomba poster, hasilnya bisa kita lihat di depan gedung.

Disebelahnya ada ruang untuk memajang foto-foto peserta yang mengikuti lomba foto spontan yang diadakan Wonosobo fair ini.

 

Jangan cuma lihat fotonya aja, yuk datang langsung ke Gedung Korpri Wonosobo karena pameran ini masih diadakan sampe tanggal 12 Mei 2014. Masih ada kesempatan buat yang belum datang :)

“Postingan blog ini diikutsertakan dalam Blog Contest Wonosobo Fair 2014 kerjasama Bagian Humas Setda Kabupaten Wonosobo dengan Komunitas MbakYu Blogger”




Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 KEHAMILAN, 3 PENGALAMAN MENAKJUBKAN

MENIKMATI EKSOTISME JEPARA DI PANTAI BANDENGAN DAN PULAU PANJANG