ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku


Saat ini kebutuhan akan komputer sangat tinggi. Baik untuk menunjang pekerjaan, aktivitas maupun sebagai gaya hidup. Begitupun pada kami, saya dan suami termasuk orang yang menganggap komputer sebagai salah satu kebutuhan pokok.

Pada tahun 2009, beberapa bulan setelah kami menikah, kami mengganti desktop yang sudah jadul dengan notebook. Aktivitas suami yang harus sering keluar kota, ditambah desktop jaman kuliah yang sudah mulai rusak membuat kami harus mengambil keputusan untuk membeli yang baru. Selain itu notebook lebih praktis, bisa dibawa kemana-mana dan bisa dipakai dimana saja. Tabungan pun dibongkar untuk biaya kuliah S2 suami dan membeli laptop. Saat itu kami hanya bisa membeli laptop mini yang harganya terjangkau. Yang murah saja yang penting bisa menunjang aktivitas. Karena saya punya hobi menulis, kami memakainya bergantian, Suami memakai untuk bekerja dan kuliah S2 nya dan akhir pekan giliran saya yang pakai. Saat itu masa-masa awal saya mengenal dunia blogging. 

Karena dipakai secara maraton setiap hari akhirnya si laptop mini ini tepar tak berdaya setelah saya gunakan untuk lembur menulis semalaman. Kami pun panik. Tak bisa dipungkiri, laptop mini ini bagian dari kebutuhan kami. Data-data kuliah, dokumen pekerjaan, file-file foto dan banyak lagi data-data yang tersimpan di si mini ini membuat kami kalang kabut. apalagi ada data untuk tesis suami, paniklah kami membayangkan file didalamnya akan hilang. Tutupnya sebagian besar service center komputer karena kebetulan hari tersebut hari minggu membuat kami ketar-ketir. Alhamdulillah masih ada service center komputer yang buka dan yang membuat kami tambah lega, file berharga kami masih utuh karena hardisknya baik-baik saja. Namun si laptop mini kami tak bisa diselamatkan.

Hidup tanpa notebook ternyata membuat hari-hari serasa hampa, suami meminjam notebook temannya untuk sementara. Dan saya juga libur menulis. Alhamdulillah, pada awal 2013 ada Pameran komputer di Semarang, kebetulan suami sedang berada di Semarang dan beliau langsung hunting komputer dan tidak tanggung-tanggung, suami membeli sepasang notebook untuk kami, biar ga berebutan pakenya :D
Suami saya membeli notebook ASUS X401U warna silver untuk saya dan netbook  ASUS Eee PC 1025CE warna merah untuk digunakan sendiri. Kenapa ASUS? Karena merk ini memiliki banyak keunggulan yang kami butuhkan.
Harapan suami, saya bisa lebih produktif menulis dan notebook ini digunakan untuk menyimpan file-file pribadi kami seperti foto-foto dan video tumbuh kembang Isya dan Himda. Isya dan Himda juga enak pakainya karena layarnya yang lebar. Beliaupun lebih leluasa menggunakan netbook untuk menunjang pekerjaannya.
Yuk mengenal lebih dekat dengan ASUS X401U, berikut ini adalah spesifikasinya:

Spesifikasi Asus Slimbook X401U
-
Prosesor Accelerated Processing Unit (APU) AMD dual-core C-60 1GHz
- Grafis Radeon HD 6290
- RAM 2GB DDR3
- Layar 14 inci aspek rasio 16:9, beresolusi 1366x768 pixel LED Backlight
- Hard disk 320GB kecepatan 5.400 rpm
- Sistem operasi DOS
- Konektivitas 1 buah USB 2.0, 1 buah USB 3.0, jack audio 3,5mm, HDMI, LAN RJ45, SD card, VGA output, dan Wi-Fi untuk koneksi internet
- Web camera 0,3MP
- Dimensi 34.4 x 24.1 x 2.40 mm
- Bobot 1,76kg
- Harga Rp 3 juta


Tidak bisa dipungkiri, masalah harga menjadi salah satu pertimbangan kami memilih notebook ini dan setelah dipakai, performanya pun memuaskan. Hingga detik ini ASUS X401U ini belum pernah bermasalah. Kami membeli notebook ini seharga 2,8 juta rupiah waktu itu

Desain
Slimbook X401U tersedia dalam dua pilihan warna, yakni hitam dan silver. Tubuhnya diselimuti oleh materi plastik. Materi glossy pada bagian punggung layar membuat makin elegan. Abi (panggilan suami saya) memilihkan warna silver untuk saya. Dan kami biasa menyebutnya si Putih :D

Touchpad pada Slimbook X401U cukup luas, jari ini nyaman ketika digunakan untuk bernavigasi. Bernavigasi dengan dua jari ke atas atau ke bawah, berarti kita melakukan scrolling (menggulirkan) layar. Sedangkan navigasi dengan 3 jari ke bawah, akan membawa kita ke tampilan desktop.
Slimbook X401U berdimensi 34.4 x 24.1 x 2.40 mm dengan bobot 1,76kg. Lubang pembuangan udara panasnya terletak di sisi kiri dan pada bagian bawah.


Konektivitas
Di sisi kiri notebook hanya tersedia 1 buah port USB 2.0 dan port pengisi daya baterai. Di sisi kanannya, ada port jack audio 3,5mm, 1 buah USB 3.0, HDMI, LAN RJ45, SD card, dan VGA output.



Performa
Dapur pacu Slimbook X401U ditopang oleh prosesor Accelerated Processing Unit (APU) dari AMD dual-core C-60 1GHz dengan kartu grafis terintegrasi Radeon HD 6290 dan RAM 2GB DDR3.
Kita bisa lebih puas memandangi layar seluas 14 inci dengan kualitas grafis yang baik. Apalagi, aspek rasio layarnya sudah 16:9. Layarnya berteknologi LED backlight beresolusi 1366 x 768 pixel. Ia sanggup memutar video high defition (HD), berkat dukungan pemrosesan grafis Radeon HD 6290. Kualitas audio berlisensi Altec Lansing, memberikan kualitas suara yang terbilang bagus untuk notebook sekelasnya.

Daya tahan baterai
Ketika digunakan untuk mengetik dan terkoneksi internet dengan jaringan Wi-Fi, baterai berkapasitas 4400 mAh ini bertahan sekitar 3 sampai 4 jam.

Fitur unggulan
Untuk mengatasi masalah suhu panas berlebih ketika menjalankan game, Asus mengimplementasikan teknologi Ice Cool yang memaksimalkan pembuangan panas. Ada pula software Instan On yang memungkinkan produk ini "terbangun" (aktif kembali) dalam waktu 2 detik dari posisi sleep. Karena Instant On hanya bekerja saat netbook dalam modus sleep, maka teknologi ini tidak berpengaruh pada proses booting ketika notebook dinyalakan dari posisi mati.

Kesimpulan

Kelebihan
+ Harga terjangkau
+ Kualitas layar bagus
+ Bisa memutar video high definition (HD)
+
Tersedia port USB 3.0

Setelah mengenal si putih ASUS X401U, mari mengenal pasangannya, ASUS Eee PC 1025CE.


ASUS  Eee PC 1025CE
Abi langsung suka melihat spesifikasinya dan memilih warna merah. Warna silver pada tombol-tombol keyboard masih serasi jika dipadankan dengan warna merah muda. Untuk urusan slot dan port, Eee PC 1025CE terbilang lengkap. Di sisi kanan netbook tersedia port ethernet LAN RJ45, 2 port USB 2.0, jack audio 3,5mm dan slot memori eksternal SD card. Di sisi kiri, ada port untuk pengisi daya baterai, port HDMI, dan sebuah port USB 3.0.

Netbook yang memiliki bentang layar 10 inci ini memiliki bobot 1,25kg, tidak terlalu ringan dan tidak terlalu berat untuk dibawa ke mana saja. Alat pengisi daya baterai (charger) didesain ringkas, adaptor dan kabel power-nya menyatu sehingga tidak membuat sesak isi tas. Nyaman banget buat dibawa kemana-mana.

Tiga fitur unggulan

* Prosesor Intel Atom N2800
Fitur unggulan pertama dari Eee PC 1025CE ada pada prosesor, yang menggunakan Intel Atom dual core N2800 dengan clock speed 1,86GHz. Ini merupakan prosesor Intel Atom generasi ketiga berkode nama Cedar Trail. kecepatan dan performa grafis dari prosesor Cedar Trail memang terasa lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya, Pine Trail. Terlebih, Atom N2800 yang digunakan pada Eee PC 1025CE, saat ini merupakan prosesor dengan kasta tertinggi di keluarga Cedar Trail dengan kecepatan graphic processing unit (GPU) 640MHz. Netbook ini siap digunakan untuk bekerja dengan dokumen, editing foto, browsing, chatting, dan memainkan game-game ringan.

* Instan On
Instant On memungkinkan produk netbook besutan Asus bisa langsung digunakan kembali dalam waktu 2 detik dari posisi sleep. Syaratnya, kita harus menekan tombol power netbook ini. Karena Instant On hanya bekerja saat netbook dalam modus sleep, maka teknologi ini tidak berpengaruh pada proses booting ketika netbook dinyalakan dari posisi mati.

* Anytime USB charge
Anytime USB charge merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengisi daya baterai smartphone, tablet, atau alat pemutar musik digital dengan menancapkan kabel ke port USB Eee PC 1025CE. kita tetap dapat mengisi daya baterai perangkat mobile dari netbook, sekalipun netbook tersebut dalam keadaan mati. Namun, tidak semua port USB di Eee PC 1025CE memiliki fitur Anytime USB charge. Hanya port USB 3.0 di sisi kiri sajalah yang memiliki fitur ini.

 * Daya tahan baterai
Menurut  Pihak Intel dan Asus , penggunaan prosesor Atom N2800 Cedar Trail membuat konsumsi daya baterai netbook ini bertahan 9 jam dalam pemakaian wajar. Ketika digunakan untuk berinternet ria menggunakan koneksi Wi-Fi, Eee PC 1025CE bertahan antara 4 sampai 5 jam.

Kesimpulan

Kelebihan
+ Kecepatan kerja prosesor
+ Performa grafis prosesor lebih baik dari generasi sebelumnya
+ Adanya fitur Anytime USB charge
+ Baterai tahan lama

Spesifikasi Asus Eee PC 1025CE Flaire Series

- Prosesor Intel Atom N2800 1,86GHz
- RAM 2GB DDR3
- Hard disk 320GB
- Layar 10.1 inci beresolusi 1024 x 600 piksel
- Sistem operasi Windows 7 Starter / DOS
- Speaker Altec Lansing
- Webcam 0,3MP
- Baterai 6-cell Li-ion 5200mAh
- Konektivitas 2 buah port USB 2.0, 1 buah USB 3,0, ethernet, VGA, HDMI, jack audio 3,5mm, slot SD card, bluetooth, serta  Wi-Fi.
- Harga Rp 2.890.000,-

ASUS Eee Flaire Series terdiri dari  Eee PC 1025C, 1025CE dan 1225C Flare Series, netbook dengan prosesor Intel® Atom™ Cedar Trail N2800 dual-core terbaru yang memberikan performa grafis 3x lebih tinggi dari generasi sebelumnya namun mengkonsumsi baterai lebih sedikit sehingga memiliki ketahanan baterai 10% lebih lama. Yuk liat sebentar video launchingnya pada 2012 lalu.



ASUS BAGIAN DARI KELUARGA KAMI

Setelah menjadi bagian dari keluarga kami sejak Awal Februari 2013 lalu, ASUS membuat hidup kami menjadi lebih lengkap dan insyaallah lebih produktif. Abi bisa leluasa beraktivitas sebagai dosen ditemani si merah Eee PC 1025 CE. si merah ini juga menemani abi saat keluar kota termasuk melanjutkan kuliah S3nya di Semarang. si merah yang ramping bisa menemani abi dalam ransel punggungnya kemana saja. spesifikasinya yang lengkap juga memudahkan abi mengolah berbagai data tanpa khawatir berebut dengan saya atau direcoki si kecil Isya dan Himda. Anak-anak sudah tahu kalo si merah adalah komputernya abi :D

Sejak memiliki si putih yang manis dan elegan, ASUS X401U saya tidak perlu bolak-balik ke warnet, bergantian komputer dengan abi sampe lembur semalaman, dan tidak bingung menyimpan file dokumen kami. Si putih ini kami gunakan untuk menyimpan memori foto-foto kami sejak menikah hingga kini, foto-foto dan video perkembangan Isya dan Himda sejak saya hamil, mereka lahir, dan tingkah lucu mereka kami simpan dalam si putih ini. Saya juga bisa leluasa ngeblog di rumah. Terutama saat anak-anak tidur. Selain itu saya juga mengelola onlineshop yang pastinya menggunakan si putih. Abi sampai berkata,"Umi bisa gak, gak usah pakai si putih sebulan aja ntar Abi kasih hadiah."
Menurut abi, menulis dan si putih membuat hari-hari saya lebih berwarna di tengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga.

Si putih ASUS X401U, memang ASUS Notebook terbaik dan favoritku. Saat abi tak di rumah, anak-anak berkomunikasi dengan Abinya melalui social media seperti Skype. Layar yang lebar membuat anak-anak riang dan puas berkomunikasi dengan Abinya. Si putih ini juga menjadi media edukasi dan hiburan untuk anak-anak. Isya dan Himda bisa melihat foto-foto mereka, foto traveling, foto silaturrahim, dan momen-momen indah yang kami abadikan dan disimpan di si putih. 


Si putih ASUS X401U memang ASUS Notebook terbaik dan favoritku. Isya dan Himda mulai mengenal dunia internet. Kami memilihkan video-video yang edukatif untuk mereka seperti sholawat, murotal anak, belajar huruf hijaiyah, dan gambar kereta api kesukaan Isya. Layarnya yang lebar cocok untuk anak-anak. Dan menghabiskan waktu bersama anak adalah hiburan yang sangat berarti.


ASUS memang Notebook terbaik dan favoritku. untuk menjaganya tetap awet, kami tak lupa membersihkan bagian luar, layar dan keyboardnya agar tetap bersih. Selain itu kami juga menyimpannya di tempat yang aman. Aman dari jangkauan anak-anak dan ditempatkan di tas netbook yang sesuai ukurannya. Pengalaman dari seorang teman, saat keyboard notebook nya terlepas oleh si kecil memberi kami pelajaran berharga. Kami biasa memakai komputer saat Isya dan Himda tidur. Oh iya, karena ASUS suaranya halus dan tidak bising, maka tidur si buah hatipun tidak terganggu. Tak terasa sudah lebih dari setahun sejak membeli sepasang ASUS ini pada bulan Februari 2013 lalu, kami belum pernah mengalami masalah, belum pernah terjadi kerusakan dan belum pernah dibawa ke service center. Satu-satunya masalah terjadi saat Isya dan Himda berebut memencet tombol keyboard sambil berebut melihat gambar mereka di komputer. Jadi makin yakin, ASUS Notebook terbaik dan Favoritku.





Sumber referensi:
http://tekno.kompas.com/read/2012/08/29/11251194/asus.slimbook.x401u.notebook.seharga.netbook
 http://tekno.kompas.com/read/2012/05/13/1642415/eee.pc.1025ce.netbook.dengan.quotinstan.onquot.dan.usb.3.0

Komentar

  1. lengkap banget, mak. moga menang yaa

    BalasHapus
  2. wow keren nih komplit ulasannya. semoga berhasil mak :)

    BalasHapus
  3. Banyak kelebihannya ya Mak. Good luck lombanya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 KEHAMILAN, 3 PENGALAMAN MENAKJUBKAN

MENIKMATI EKSOTISME JEPARA DI PANTAI BANDENGAN DAN PULAU PANJANG